Sejarah Virus Komputer

Sejarah Virus Komputer
Sejarah Virus Komputer  - Banyak yang bertanya-tanya apakah virus komputer sama dengan virus biologis yang biasa menyerang manusia? Secara prinsip cara kerja virus komputer hampir sama dengan virus biologis. Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya kedalam program atau dokumen lain. seperti halnya virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel mahkluk hidup.

Virus komputer berawal dari teori "self altering automata" yang diungkapkan jhon von neumann, ditahun 1949, yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika. di tahun 1960, para ahli dari laboratorium BELL (AT&T) mulai melakukan percobaan-percobaan berdasarkan teori tersebut. Percobaan dilakukan dengan membuat suatu jenis Game. Mereka membuat program yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menghancurkan program buatan lawan. Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua program yang lain, akan dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini akhirnya menjadi permainan favorit di tiap-tiap lab komputer. Tetapi, makin lama program yang diciptakan makin berbahaya, sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat terhadap permainan ini.

Program-program tersebut akhirnya dipopulerkan dengan sebutan "VIRUS" oleh Fred Cohan pada 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamai "Virus" karena memiliki persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran.

Virus komputer bisa diartikan sebagaiu suatu program komputer biasa. Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya. virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. hingga sekarang kita harus waspada terhadap bahayanya.