Sisi Lain Dibalik Terselenggaranya Sebuah Kontes SEO

Kontes SEO, sebuah ajang kompetisi yang cukup menggiurkan karena tidak hanya menjanjikan berbagai hadiah seperti uang tunai, domain gratis, voucher maupun merchandize-merchandize, tapi juga memberikan sebuah prestise tersendiri bagi para blogger yang keluar sebagai pemenangnya. Maka tak heran jika beberapa peserta sebuah kontes sampai rela membeli domain baru dengan nama keyword yang dilombakan agar efek SERP yang dihasilkan lebih mak nyuss..

Dengan menjadi pemenang sebuah kontes SEO seorang blogger bisa menjadi lebih dikenal di blogosphere yang tentu saja juga akan membawa banyak traffik kunjungan ke blognya. Denganmenjadi pemenang kontes SEO, seorang blogger pastinya juga akan dianggap sebagai seseorang yang telah mengetahui rahasia-rahasia SEO dan trik-trik untuk meningkatkan SERP. Ini bisa jadi sebuah keuntungan karena blog blogger tersebut akan menjadi tempat rujukan untuk blogger-blogger yang ingin belajar lebih dalam tentang SEO. Tapi hal
ini juga bisa menjadi sebuah beban karena blogger tersebut dituntut untuk selalu menyuguhkan artikel postingan dan tips-tips yang bermutu dan up to date agar pengunjung blognya tidak kecewa.


Tujuan Dibalik Terselenggaranya Sebuah Kontes SEO

Sebagai penyelenggara atau blogger yang mengadakan sebuah kontes SEO maka mereka harus memberikan berbagai hadiah agar banyak blogger yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dan kontes tersebut dapat berjalan. Lalu, apa imbal balik yang akan diperoleh oleh si pembuat kontes ?


Pertama, tentu saja seperti yang juga akan didapatkan oleh pemenang kontes SEO yaitu traffik dan menjadi lebih dikenal diblogosphere.


Kedua, page rank ( PR ). Ini tidak mutlak, tapi kebanyakan penyelenggara kontes meminta pesertanya untuk memberikan backlink lengkap dengan anchor text di blog peserta bahkan ada yang meminta dipostingan yang dilombakan. Ini tentu saja sangat menguntungkan si pembuat kontes karena dia bisa mendapatkan one way backlink yang kualitasnya lebih baik daripada link dua arah ( link exchange ).



Efek Samping Sebuah Ajang Kontes SEO



Meski menjanjikan hadiah-hadiah yang bisa bikin ngiler, kontes SEO bisa berdampak negatif, antara lain :


- Menjadi tidak fokus dengan content blog sendiri karena terlalu sibuk optimasi untuk keyword yang dilombakan


- Bisa membingungkan para netter yang mencari sesuatu di search engine

- Sering nyepam di blog-blog dofollow untuk nyari backlink

- Membuat posting yang banyak dan asal-asalan tentang keyword kontes SEO yang dilombakan, asal ada keyword dan link yang berhubungan antar postingan-untuk optimasi