Entiti Realition ship Diagram

TUJUAN OPTIMASI ERD

n Meningkatkan efisiensi dan kinerja

¨ Pemberian Kode (Kunci Alternatif)

¨ Penambahan Entity Lemah

n Fleksibilitas

¨ Penambahan Atribut

¨ Pemilihan Domain Atribut yang lebih luas

¨ Generalisasi

¨ Perubahan Struktur Entitas dari yang berbasis kolom ke yang berbasis baris

TAHAP IMPLEMENTASI

n Diagram ER -> basis data

n Entity -> table-table / file-file data

n Atribut -> field

TRANSFORMASI DASAR

n Setiap himpunan entitas akan diimplementasikan sebagai sebuah table

n Relasi dengan derajat 1 – 1 yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas akan direpresentasikan dalam bentuk penambahan atribut-atribut relasi ke salah satu tabel yang mewakili kedua himpunan entitas

n Relasi dengan derajat 1 – N yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas, juga akan direpresentasikan dalam bentuk pencantuman atau pemberian atribut key dari himpunan entitas pertama (yang berderajat 1) ke himpunan ke 2 (yang berderajat N)

n Relasi dengan derajat N – N yang menghubungkan 2 himpunan entitas akan diwujudkan dalam bentuk table khusus, yang memiliki field tepatnya (foreign key) yang berasal dari key-key kedua himpunan entitas yang dihubungkan

MENENTUKAN TIPE DATA

n Data Angka: Numerik atau Alfanumerik

n Data Numerik :Bilangan bulat (integer) atau Bilangan Nyata(real)

n Data Bilangan Bulat (integer)

¨ Byte (1 byte)

¨ Small integer (2 byte)

¨ Long integer (4 byte)

n Data Bilangan Nyata

¨ Single (4 byte)

¨ Double (8 byte)

n Data Uang

¨ Money/currency

n Data Teks

¨ Character (fixed)

¨ Variable Character (non fixed)

n Data Biner

¨ Blob

LATIHAN

Mahasiswa {NIM, Nama}

Hobbi {Kode, Hobbi}

Dosen{NIP, Nama, Alamat}